Minggu, 07 Oktober 2012

Sekilas Tentang Bisnis Informatika

Bisnis Informatika merupakan suatu kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi seperti internet atau media yang lain.



Saya akan memilih perusahaan Samsung sebagai contoh perusahaan yang berbasis IT. Samsung merupakan perusahaan besar, samsung mempunyai banyak pabrik dan banyak jumlah produk yang harus di produksi setiap harinya, maka perusahaan samsung memerlukan banyak tenaga kerja. Diperlukanlah banyak sumber daya manusia atau biasa disebut dengan SDM.



Visi dan Misi :
- Visi
PT Samsung Electonics Indonesia (SEIN) dipandu dengan satu visi, yaitu: memimpin pergerakan konvergensi digital.
Samsung meyakini bahwa melalui inovasi teknologi saat ini, kami akan menemukan solusi yang diperlukan unuk menghadapi tantangan hari esok. Teknologi membuka kesempatan bagi bisnis untuk tumbuh, bagi warga negara di pasar yang sedang berkembang untuk hidup sejahtera dengan memasuki tahap ekonomi digital.

-Misi
PT Samsung Electonics Indonesia (SEIN) dipandu oleh satu misi, yaitu: menjadi "digital-εCompany" yang terbaik.
Samsung tumbuh menjadi perusahaan global dengan menghadapi tantangan secara langsung. Dalam tahun-tahun kedepan, orang-orang yang bekerja pada perusahaan samsung yang berdedikasi akan terus menghadapi banyak tantangan dan memberikan ide-ide kreatif untuk mengembangkan produk dan layanan yang memimpin pasar. Kecerdasan mereka akan terus menjadikan samsung sebagai perusahaan global yang menguntungkan dan bertanggung jawab.

-Tujuan
Mengembangkan teknologi yang inovatif dan proses efisien yang menciptakan pasar baru, memperkaya hidup semua orang dan terus menjadikan samsung sebagai pemimpin digital yang terpercaya, itu semua adalah tujuan dari PT Samsung Electonics Indonesia (SEIN).

Tahap perekrutan tenaga kerja dapat dilakukan melalui media atau rekrutmen massal di beberapa kampus-kampus ternama di indonesia. Setelah itu  akan ada seleksi tenaga kerja, yaitu dengan test tertulis, ada test TOEIC untuk test kemahiran b.inggrisnya dan ada test Samsung General Aptitude Test (SGAT) untuk test intelegensi dan logika setelah itu ada test interview, setelah lolos test interview maka akan ada test medical checkup di RS yang sudah ditentukan.

Tanggung jawab terhadap konsumen  
Samsung memberikan garansi terhadap produk yang di jual ke konsumen dan memberikan after sell service yang baik, apabila ada konsumen yang ingin bertanya, konsumen dapat bertanya masalah produk samsung ke http://www.samsung.com/id/info/contactus.html.



Tanggung jawab terhadap lingkungan sosial
Perusahaan samsung mempunyai slogan yang bertuliskan : "PlanetFirst", apa itu planetfirst ? PlanetFirst adalah komitmen, pola pikir, dan pendekatan mendasar yang samsung percaya sangat penting sebagaimana usaha pelanggan untuk menyeimbangkan keinginan mereka untuk teknologi yang mutakhir sambil mendapatkan cara hidup yang lebih ramah terhadap lingkungan.
PlanetFirst berarti selalu mempertimbangkan dampak terhadap lingkungan terlebih dahulu sehingga samsung berkomitmen untuk memberikan pengalaman ramah lingkungan yang lebih baik melalui produk-produknya, solusi dan teknologi yang bermanfaat bagi kehidupan pelanggannya.

sumber:
http://www.samsung.com/id/aboutsamsung/citizenship/environment.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar